Monday, May 29, 2017

// // Tulis Komentar

Membaca al-Qur'an


Kultum Hari Ke-1

Salah satu amal ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membaca al-Qur`an. Nabi SAW memberikan rangsangan kepada mereka yang membaca al-Qur’an dengn pahala yang sangat luar biasa.

"Barang siapa membaca satu huruf dari al-Qur’an, maka baginya kebaikan, dan kebaikan itu sepuluh kali lipat. Yang aku maksud huruf itu bukan ALIF LAM MIM, tapi ALIF itu satu huruf, LAM itu satu huruf, dan MIM itu satu huruf".

Dengan kata lain, jika kita membaca “ALIF LAM MIM”, maka akan mendapatkan 30 kebaikan (3 huruf x 10 kebaikan).

Anda tahu berapa jumlah huruf pada surat al-Fatihah?

Surat al-Fatihah, jika dimulai "Alhamdulillaahi Robbil 'aalamiin", terdiri dari 119 huruf. Artinya, jika kita membacanya, maka akan mendapatkan ganjaran 1.190 kebaikan (119 x 10).

Anda tahu berapa jumlah huruf pada surat al-Baqarah?!

Membacanya mungkin lebih baik daripada menghitung jumlah hurufnya.

✅ Tidak ada suatu bacaan di dunia ini yang senantiasa dibaca setiap hari, jam, menit bahkan detik, selain al-Qur`an. Bukan saja dibaca oleh orang yang mengerti artinya, tapi dibaca juga oleh orang yang tidak mengerti artinya.

✅ Tidak ada suatu bacaan di dunia ini, selain al-Qur`an, yang diatur cara membacanya, mana yang harus dibaca tebal, tipis, mana yang harus dipanjangkan, mana yang harus di dengung*kan atau di *izhar*kan. Sehingga tercipta ilmu yang mengatur tata cara membacanya yang kita kenal sebagai *“ilmu Tajwid”.

✅ Tidak ada suatu bacaan di dunia ini, yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, enam ribu sekian ayat, lebih dari 77.400 kata, dan lebih dari 323.000 huruf, yang sejak diturunkannya 14 abad yang lalu sampai sekarang, bahkan hingga hari kiamat nanti, yang tidak berubah isinya walaupun hanya 1 huruf.

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya", tegas Allah SWT dalam QS. al-Hijr/15 ayat 9.

Sudah seberapa jauh kita, selaku muslim, membaca dan mengamalkan al-Qur`an dalam kehidupan kita sehari-hari?

Banyak diantara kita mengaku muslim, mengaku bahwa kitab sucinya adalah al-Qur`an, mengaku bahwa al-Qur`an adalah pedoman hidupnya, tapi justru banyak juga diantara kita yang menjadikan al-Qur`an hanya sekedar penghias lemari buku di rumahnya.

Begitu berat kita membaca al-Qur`an dan terjemahannya, tapi disisi lain begitu ringan kita membaca buku-buku novel atau majalah.

Mari kencangkan niat untuk senantiasa membaca al-Qur`an, terutama terutama bulan Ramadhan ini. Tanamkan moto dalam hati “Tidak ada hari tanpa membaca al-Qur’an”.

Buatlah target, misalnya Ramadhan ini saya harus khatam Al-Quran minimal 1x, atau mungkin khatam membaca terjemahannya, atau harus hapal surat ar-Rahman, al-Waqi'ah, al-Mulk, dan seterusnya. Sehingga ada peningkatan di bulan Ramadhan ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan untuk merayakan al-Qur`an (QS. 2: 185). Jika tidak diisi dengan membaca al-Qur`an dan menghafalnya, maka bulan Ramadhan kurang bermakna.

Apalagi di zaman sekarang, dimana al-Qur`an bisa kita bawa dalam genggaman HP kita. Rasanya tidak ada lagi alasan untuk tidak senantiasa membaca al-Qur`an.

"Di akhirat nanti al-Qur`an akan menjadi penolong bagi orang yang senantiasa membacanya semasa hidup di dunia", demikian sabda Rasul yang kita cintai.

Marhaban yaa Ramadhan
_____
::
#Azharul Fuad Mahfudh

0 comments:

Post a Comment